Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas

Selamat Pagi , siang , Malam Kapan Pun anda membaca artikel ini terima kasih. kali ini saya akan berbagi Trik dan Tips Mengatasi Laptop Atau NoteBook Yang Cepat Panas. mungkin ini yang sering anda alami begitupun saya.


pakailah atau gunakan collling pad


tips atau cara ini paling banyak digunakan, bukan rahasia lagi, tetapi pengaruh coolingpad sangat kurang dalam menurunkan suhu, cooling pad yang paling ngirit kantong berkemungkinan menurunkan temperatur atau suhu sekitar 1 - 5 C
kipas heatsink Laptop Atau Notebook Rajin rajin lah dibersihkan
faktor alam sangat berpengaruh pada keadaan laptop atau notebook kita misalnya saja debu , masalah debu bisa kita atasi, dengan cara membersihkanya, tapi ya jangan terlalu sering, minimal bila laptop atau notebook sudah tidak bersahabat dengan kita.

Ganti thermal paste CPU

kalau sudah bersihdari debu dan semacamnya, jangan ketinggalan ganti Thermel paste. Tjermal paste tidak tidak ada fungsi mendinginkan cpu secara aktif, tetapi menjadikan transfer panas dari CPU ke Heatsing menjadi lebih baik dan bagus. misalnya sudah kamu ganti Thermel paste tapi heatsink berdebu dan keadaan kipas tidak berjalan dengan normal , sama saja bo'ong (tidak efektif)

Cuaca Ruangan

ini dia bagi yang suhu ruangnya tidak efektif sangatlah berpengaruh pada laptop dan juga notebook kita, masalahnya ruanganya harus ber AC , biar efektif buat laptop kita, tapi kalo tidak ada kamu yaa jangan terlalu lama mengaktifkan laptop atau notebook nya.

Undervolting

cara yangg ini langsung mengurangi panas di CPU sndiri dengan menggunakan s/w dengan total biaya 0, Hasilnya bisa mengalahkan smua point di atas.
Apa sih Undervolt itu?? undervolting adalah proses mengurangi voltase berlebih ke CPU dengan menggunakan software. Undervolting tidak mempengaruhi performance sama skali. yang mempengaruhi performance adalah overclock dan underclock.

Tidak semua prosesor sama, tiap model prosesor memiliki toleransi voltase yang berbeda. Tapi daripada repot2 menyetel voltase stabil terendah ke tiap chip, Intel memakai voltase standard yang stabil (dan tinggi) ke setiap chip.

Masalahnya adalah voltase standard pabrikan sangat tinggi
(otomatis menambah tinggi temperatur cpu). Undervolting mencoba menyetel ke voltase stabil yang paling rendah

Proses undervolting memang memakan waktu, karena kita harus mencari voltase stabil terendah untuk tiap2 multiplier di CPU. Multiplier berhubungan dengan teknologi speedstep, daripada cpu bekerja full power tiap saat, multiplier digunakan untuk mengatur clock cpu secara dinamik (tanda multiplier: 6x, 7x, 8x dst). Tp klo udh dpt voltase stabilnya.
mungkin ini saja tips dan trik dari saya, semoga bermanfaat buat Si pembaca dan Penulis,

TERIMAKASIH

1 Response to "Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas"

Ikuti Blog ini